Masa depan atau cita-cita?

Selama seminggu ini kalau dipikir-pikir ada aja percakapan tentang perencanaan 'masa depan' yang kita mau. Kira-kira hari Kamis (kalau gak salah) gue cuman pulang berdua kemudian kita berantem terus malah turun #salah. okey okey jadi pas diangkot itu temen gue cerita kalau dia beli parfume di deket sman 8 bandung. Fyi aja ya gue dulu pengennya masuk sana tapi entah kenapa malah nyasar kesini huhu. ya mau gimana lagi gue cuman bisa pasrah *guling guling di jalan*. Sumpah ya saat temen gue cerita gitu gue jadi berasa flashback gitu deh kalau dipikir-pikir emang salah guenya juga yang belajarnya gak bener. Nah, selesai bahas sman8 bdg tiba-tiba gue bisa sekolah disana besoknya :)) *ngarep*. Jadi tiba-tiba kita malah bahas telkom. fyi lagi selain sman8bdg gue sebenarnya pengen banget masuk telkom, mungkin karena ortu gue pernah ngomong kalau kerja di telkom itu enak jadi gue pengen kesana. Cerita dikitlah ya pas smp ada yang ngirim surat gitu. nah loh terus apa hubungannya? hubungannya adalah surat itu dari smk telkom. TELKOM. 

Gue pas liat ada smk telkom pengen banget kesana, seriusan deh. Lagipula nih ya smk telkom itu baru dibuka jadi kalau gue masuk, gue adalah angkatan pertama di sekolah  itu. NAH, gue bilangkan sama nyokap terus nyokap huntinglah kesana dan pas pulang cerita panjang lebar kali tinggi kalau smk telkom itu jauh dari angkot. Nyokap udah gak setuju bilang entar kamu capek blablabla. Emang sih rumah gue sama smk telkom itu jauh, bisa dibilang dari ujung ke ujunglah. Pupus sudah rencana gue tapi karena gue masih polos dan unyu gue terima-terima aja gak bisa sekolah disana. Lagian gue awalnya mikir kalau smk itu bukan gue banget. Belajar tanpa main? kerja? oh my god gue masih muda ngapain juga kerja dan akhirnya gue kena karma. Sekarang gue anak smk. shit

Selama diangkot itu gue merasa kalau gue jatuh cinnta #salah maksudnya flashback aja berasa gue masih kelas 9 smp yang punya impian. Gue cerita dengan antusias seakan-akan itu adalah mimpi yang masih bisa gue raih tapi pada kenyataannya waktu telah berlalu dan gue  bukan lagi anak smp, gue anak smk yang harus nentuin kerja atau kuliah dan rasanya ini jauh berkali-kali lebih sulit. Menentukan pilhan itu bagi gue sulit. Setiap satu langkah yang lo ambil harus yakin. Buat gue apapun yang gue ambil, suka gak suka tetap harus dijalanin. Walaupun gue setengah mati nyesel dan ngomel sana sini kenapa gue bisa masuk smk,  tapi gue tetep ngejalaninnya. Bukan malah ngebolos dan entar di D.O.

Sumpah demi apapun SMK tempat gue sekarang gak pernah gue banggain, eh ada deng tempatnya luas. Salah gue dulu itu gak mikirin apa postif dan negatifnya masuk sana. Gue cuman capek. Capek sama nilai NEM gue yang belum cukup buat masuk sman8bdg. Gue kecewa pasti terus temen gue ngasih saran. Disitu gue liatnya bahwa smk ini banyak yang sukses, kerja bangus tapi apa daya gue gak liat resikonya, contohnya mental harus kuat, fisik juga. Gue sih sebenrnya nih ya coba coba aja masuk sana soalnya banyak orag bilang kalau masuk smk ini susah. Jadi gue cuman pengen buktiin gue bisa gak masuk sana. Gue cuman mau nunjukin kalau nilai nem kurang bagus (ya gak terlalu kecil sih tapi belum cukup masuk ke yang unggulan banget) bisa masuk smk yang bagus. Gue cuman mau nunjukin bahwa kata'susah' itu bisa gue tembus. Menurut orang lain masuk smk ini susah tapi sorry menurut gue masuk smk ini adalah keberuntungan atau mungkin kesialan? Banyak orang yang mau masuk sini tapi gak keterima dan banyak orang juga yang terpaksa daftar kesini tapi malah keterima. Aneh ya? Engga sih karena itulah yang namanya hidup. 

Ya jdi gitulah setelah flashback begitu hari sabtu kita (beberapa ank kelas) ngomongin soal pkl jadi bingung mau pkl dimana. Semua tepat punya resiko dan postifnya. Gue belum bisa nentuin bener bener mau dimana karena memilih satu pkl ini menentukan langkah selanjutnya. Sebejernya yang terlebih dulu yang harus gue tentuin adalah kuliah atau kerja. Kalau gue ambil kuliah gue harus bener bener belajar buat tes sbmptn srdangkah kerja gue bisa kerja dulu jadi uangnya bisa gue pake buat kuliah dan gue mau langsung ambil kuliah swasta biar gak usah tes sbmptn. Tes sbmptn itu susah apalagi gue yang anak smk. Ngejar materinya lebih susah.

Jadi ya begitulah gue dan perencanaan masa depan. Suka gak suka disini gue sadar, gue harus punya impian lagi ke depannya harus gimana.

Cheers,
ferra

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tentangmu

Berpetualang (part 1)

Kamu