Penulis

Ehem, sebenarnya gue mau ngeblog sesuatu hal yang terjadi hari ini tapi entah kenapa gue juga mau ngeblog tentang sesuatu hal yang telah berada dalam otak gue dari beberapa hari yang lalu dan itu sangat mengganggu jadi gue putuskan untuk ngeblog ini dulu.

Udah beberapa bulan yang lalu, gue suka banget baca ff atau cerita gitu di wattpad. Salah satu aplikasi/web yang menyediakan tempat untuk semua orang menulis. Semacam blogger sih tapi itu lebih dikhususkan lagi untuk bikin cerita gitu kayak novel. Disitu gue nemu berbagai cerita dari ff korean yang dewasa gitu (anjay laknat gue wkwk) sampe yang lucu-lucuan. Dari romanti sampe seriusan dan juga dari yang keren banget sampe garing hehehe.

Gue nemu juga salah satu author penulis ff korea yang ajib gile aja tulisannya bagus bener sampe gue ketagihan dan disaat ffnya itu banyak banget yang baca dia memutuskan untuk nerbitin itu cerita. Gue sebenernya kesel, iya masalahnya itu ff udah 30 part dan harus digantungin gitu aja karena mau dijadiin novel. Gue sebagai pembaca tidak bermodal jelas protes dong, itu kalau dibukukkan udah hampir setengah halaman, mendingan dilanjutin aja sampe tamat, gue mau beli males man. Gue cuman gak suka aja dia mau nerbitin gitu, pendapat gue waktu itu sih kalau mau bikin novel gitu ya kagak usah upload di wattpad kali! bikin penasaran banget, iya penasaran setengah mati. 

Nah beberapa hari yang lalu gue nemu salah satu novel yang tebel banget dan iseng juga baca sinopsis belakang bukunya. Seketika itu juga gue langsung tertarik dan ternyata  novel itu sebenarnya juga dari wattpad. Mungkin kasusnya sama kayak ff itu, cuman gue gak pernah baca. Maklum novel inikan bahasa indonesia. Gue biasnaya baca ff korea gitu di wattpad. 

Alhasil sebelum beli entah kenapa gue nyari dulu di wattpad ceritanya. Disitu ada 3 bagian cerita yang masih di publish. Ceritanya bikin gue tertarik, banget. Seumur-umur gue baru merasakan sensasi mau beli novel itu lagi sekarang. Ya walaupun itu novel gak terbilang murah tapi gue niat beli. Makanya gue beli pengen cepet-cepet, siapa tau kalau lama gue jadi gak mood beli. 

Nah, di wattpad penulis itu juga gue baca gimana proses dia menerbitkan bukunya. Disitu gue sadar, pemikiran gue dulu tentang ff korea yang mau diterbitin kerasa egois banget. Toh siapa sih penulis yang gak mau bukunya diterbitkan? Apalagi ff korea yang gue ceritain itu bener-bener keren, commentnyapun positif jadi memang wajar banget dia mau berusaha untuk ngirim naskah ceritanya ke penerbit.

Gue salah besar, seharusnya gue gak berhak untuk kesel. Itu cerita dia dan respon pembaca yang melunjak seperti itu memang peluang banget. Sayangnya terakhir gue baca naskahnya ditolak oleh penerbit. Disitu juga gue sadar, dia pasti kecewa, gak seharunya gue malah kesel atau marah ceritanya gak dilanjutin.

Seharusnya gue ngedukung semua penulis yang mau menerbitkan ceritanya. Siapa sih yang gak mau bukunya diterbitkan? Ada di seluruh toko buku di indonesia, apalagi kalau sampe masuk best sellerkan? Gue juga mau, sumpah deh tapi selama ini gue nulis untuk kepuasan diri gue sendiri. Gue belum bisa punya ide yang cemerlang buat bikin alur cerita, Selama inikan gue nulis berdasarkan perasaan gue, feel gue dan gue gak perlu ngarang atau ngemis idekan? 

So gue cuman minta maaf secara telepati aja (?) karena selama inikan gue keselnya dalam hati, gak gue keluarin di publik jadi toh dia juga kagak tau gue kesel wkwkwk. Ya buat semua penulis di indonesia apalagi yang masih bocah2 imut, lanjutkan yaaa jangan sampai putus asa karena bikin cerita itu perlu diasah. Gue pernah kok baca perkembangan cerita gitu mulai dari yang awalnya dia bikin cerita gak enak banget bahasanya sampe dia akhirnya bisa bikin cerita yang layak.

Semua butuh waktu. Tuhan tau yang terbaik untukmu

calon penulis entah kapan wkwk'

ferra

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tentangmu

Berpetualang (part 1)

Kamu