LULUS?

Malam kemarin, chat gue heboh sama anak-anak, maklum kemarin malemkan pak pos sedang bertugas membagikan surat, salah satunya surat kelulusan. Kebanyakan dari mereka galau, siapa juga yang gak galau sama kelulusan? Tapi gue yakin sih mereka -mereka pasti lulus, yang jadi pesoalan adalah berapa nilai yang mereka peroleh. 

Kalau gue jadi mereka, pasti deg-degan juga apalagi besok, hari senin katanya diumumin SMPTN. gue doain deh semoga kalian-kalian bisa lulus ya, kalaupun engga masih ada kesempatan buat SBMPTN dan kesempatan-kesempatan lainnya yang sebenarnya terbuka lebar untuk kita. Cuman kitanya aja yang gak melirik karena berbagai alasan, semua tergantung diri sendiri sih. Your live your choice. Hidup itu simple, pilihannya yang kagak simple.

Daritadi ngomongin orang lain ya? Gimana sama gue sendiri? Alhamdulillah sebenarnya gue udah tau nilai nem walaupun kurang satu sih. Iya nilai jurusannya gue belum tau. Itupun secara ilegal karena mohon - mohon sama guru sebelum PFM dimulai. Gimana gede ga? Sejujurnya, gue juga kecewa sama nilai gue tapi toh itu hasil guekan? berarti itu kemampuan gue. Gue tau, kemarin - kemarin gue gak fokus belajar. Ini bukan alibi, seriusan banyak banget setan-setan yang ngebisikin buat gak terlalu mikirin UN, alhasil ya kayak gini. Gue bersyukur aja sih nilainya gak ada yang di bawah kkm. Bisa berabe coy, masa iya entar harus remedial? Capek,mikir dua kali. Gue di atas kkm aja udah alhamdulillah deh. 

Liat orang lain galau SMPTN, gue disini baik-baik aja. Masih ngegalauin tugas yang tiada henti, bikin males sepanjang hari sekolah. Gue masih adem ayem belajar di kelas karena sekolah gue sistem 4 tahun. Aneh ya? haha udah biasa kok dipertanyakan sama orang. Kebanyakan gak tau kalau di indonesia ada 8 SMK yang sistemnya 4 tahun. Apa keuntungannya? gak tau juga ya kalau ditanya begitu karena gue masuk sini asal doang hehe. Ya gue cuman berharap adik kelas gak terlalu termakan sama 'sekolah bagus' karena dimana-mana sekolah sama aja. Sistemnya sama kok, guru-gurunya juga pasti mengajarkan pelajaran yang sama, cuman beda di pribadi siswanya aja. Jadi jangan takut sama sekolah yang 'biasa aja'. Jangan dipaksakan untuk ngambil jalur smk yang bagus sementara kalian gak terlalu suka sama jurusannya (it's mean gue) atau juga kalian milih ngambil jalur belakang, nyogok. Buat apa? Kalian gak malu apa seandainya ketauan? Toh, semua itu akan ketauan saat kalian belajar nanti. Kasian, kalian harus lebih ekstra nyeimbangin temen-temen kalian. 

Di satu sisi gue juga sama kok kayak kalian, anak-anak sma/smk yang lulus, bakalan rindu sama ruangan kelas yang menyimpan banyak cerita. Toh di kelas 4 nanti gue gak punya kelas, kayak anak terlantar yang merantau di berbagai kota. Walaupun gue pkl (praktek kerja lapangan) di kota tercinta, tetep ajakan gak ada temen-temen kelas yang duduk di bangkunya masing-masing lagi? Rutinitas selama 3 tahun yang gue jalani pasti akan berbeda lagi nanti. Jadi kalau dibandingkan sekolah lain, sekolah gue sama aja sih. Kalian lulus entar kuliah, belajar lagi, ada kemungkinan juga ketemu lagi sama temen-temen yang lama. Bedanya gue masih bisa ketemu temen smk beberapa saat. Lagian luluskan bukan berakhir segalanya, justru merupakan awal dari segalanya, iyakan? 

Jadi akan ada banyak hal yang terjadi setelah kelas 12, mereka yang memilih untuk kuliah di manapun atau ada juga yang memilih untuk menganggur apabila dia tidak bisa lolos smptn/sbmptn. Beda juga sama gue yang memilih kerja atau kuliah. Btw gue juga merasa masih bingung sama jurusan. Walaupun gue smk yang jelas-jelas udah punya skill di jurusan sendiri tapi gue berminat untuk lintas minat di kuliah. Sayang loh? engga juga kok. Ilmu itu gak ada yang gak berguna, bisa aja suatu saat gue membutuhkan ilmu broadcasting. Ada juga yang bilang kuliah habis lulus smk itu disayangkan. Kenapa gak langsung kerja aja? Ada banyak hal yang perlu kita cari dulu. Ada banyak jalan yang harus kita lalui sebelum benar-benar mendapatkan jalan yang sesuai. Contohnya aja ada banyak trainee artis di luar sana yang udah bertahun - tahun latihan tapi belum debut. Semua gak ada yang instan walaupun semua orang pasti pengen hal yang gak ribet. iyakan? 

Di satu sisi gue ngomongin masa depan, di satu sisi gue juga menyadari satu hal. Sebenci - bencinya gue sama sekolah ini, tetap saja di sekolah ini ada banyak kenangan. Gak ada lagi nanti acara marah-marah di kelas gara-gara jailnya temen-temen. Gak ada lagi liatin doi dai jauh kalau lagi upacara. Gak ada lagi nongkrong - nongkrong di kantin sambil makan batagor pulang sekolah. Gak ada lagi tugas-tugas yang menumpuk bikin kita pusing dan ngebacot.Gak adalagi misuh-misuh nyalin pr temen pagi hari ataupun gak ada lagi sibuk sembunyi-sembunyi (alias mabal) di beberapa pelajaran. Semua juga pasti akan tergantikan sama yang baru dan gue berdoa semoga semua orang sukses dengan caranya sendiri, aamiin.

Untuk sobat-sobat gue atau angkatan gue yang sama - sama berjuang di tahun yang sama, mari kita meraih mimpi bersama juga. Ingatlah, di setiap kesedihan pasti ada kebahagiaan. Hidup itu gak cuman di satu titik, bukankah sudah banyak filosofi roda tentang kehidupan?:)

Mari berjuang bersama,

Ferra

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

tentangmu

Berpetualang (part 1)

Kamu